Rabu, 12 Juli 2017

BE & GG, Yosua Mickel Tumbelaka 55116120147, Hapzi Ali, RISK MANAGEMENT, Universitas Mercu Buana, 2017

RISK MANAGEMENT
Dosen : Hapzi, Prof. Dr. MM
Hasil gambar untuk mercubuana
Oleh :
Yosua Mickel Tumbelaka              55116120147
PROGRAM STUDI PASCA SARJANA
MAGISTER MANAJEMEN
FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS MERCU BUANA
2017

RISK MANAGEMENT
PT Metropolitan Retailmart memiliki tingkat perubahaan lingkungan bisnis yang cukup tinggi karena berada pada bisnis retail yang hampir dikuasai oleh produk garmen. Yang dimana diperlukan inovasi untuk menghindari ketinggalan mode yang sedang naik di pasar. Selain itu, dalam industri retail, PT Metropolitan Retailmart memiliki banyak pesaing. maka PT Metropolitan Retailmart harus menganalisa pesaing dan apa yang di lakukan pesaing. Maka ada beberapa hal yang dilakukan PT Metropolitan Retailmart untuk menangani risiko risiko yang ada, antara lain:
Setiap bisnis harus memiliki sebuah perencanaan manajemen risiko yang solid. Berikut merupakan panduan dalam menyusunnya.
Format perencanaan tersebut dapat bervariasi, tergantung kepada kebutuhan perusahaan anda. Sebuah perencanaan manajemen risiko untuk perusahaan yang besar dan kompleks dapat dijalankan dengan mudah dalam ratusan halaman, sedangkan sebuah bisnis kecil mungkin hanya memerlukan sebuah spreadsheet kecil yang berfokus pada item utama.

Langkah berikutnya adalah menentukan apa yang harus dilakukan pada tiap risiko, sehingga kita dapat menanganinya dengan baik. Dalam dunia manajemen risiko, ada empat strategi utama:
1.     Menghindarinya.
2.     Menguranginya.
3.     Memindahkannya.
4.     Menerimanya.


Melakukan pengukuran tidak cukup; anda juga perlu memeriksa apakah hal tersebut bekerja, dan memonitor bisnis anda secara reguler untuk Manajemen resiko adalah sebuah sistem pengawasan resiko. Dan perlindungan harta benda, Hak milik dan keuntungan badan usaha dan perorangan atas kemungkinan timbulnya kerugian karena adanya suatu resiko.
Suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam mengelolaketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaianaktivitas manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategiuntuk mengelolanya dan mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan /pengelolaan sumberdaya
Istilah lain dari pengertian resiko adalah (risk) atau risiko memiliki
berbagai definisi. Risiko dikaitkan dengan kemungkinan kejadian atau keadaan yang dapat mengancam pencapaian tujuan dan sasaranorganisasi.


Fungsi manajemen resiko mencakup, menemukan kerugian potensial dan mengevaluasi kerugian potensial. Menemukan kerugian potensial, yaitu berupaya menemukan atau mengidentifikasi seluruh resiko murni yang dihadapi oleh perusahaan, sedangkan mengevaluasi kerugian potensial, yaitu melakukan penilaian terhadap semua kerugian potensial yang dihadapi oleh perusahaan.

Persaingan yang Meningkat Pesat
Perkembangan dunia bisnis, ekonomi dan teknologi telah membuat berbagai perusahaan besar dunia mulai was-was terhadap kemunculan pesaing. Misalnya saja perusahaan Sosro yang harus bersaing dengan produsen teh botolan yang semakin banyak, atau KFC yang menghadapi persaingan dari berbagai waralaba ayam goreng yang mulai bermunculan. Manajemen resiko untuk menghadapi persaingan pun harus diterapkan secara berkelanjutan.
Sebagai contoh, Sosro mengembangkan varian teh botol dalam kotak, teh celup dan teh dengan sedikit gula. KFC pun rajin melakukan inovasi produk sekaligus mempertahankan rasa khas bumbu ayamnya untuk mempertahankan keunikannya.


DAFTAR PUSTAKA
Anonym.2017.http://pengertianmanagement.blogspot.co.id/2012/1
1/management-resiko.html. (20.45) 17 Mei 2017.
Anonym2.2017http://qom3t.blogspot.co.id/2010/04/fungsi-manaje
men-resiko.html (20.35) 17 Mei 2017.
Anonym
3.http://rifan-fb.com/resiko-dan-metode-manajemen-resiko-pengusaha/
(20.40) 17 Mei 2017.
mengidentifikasi dan menangani risiko baru.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengikut