RISK
MANAGEMENT
Dosen
: Hapzi, Prof. Dr. MM
Oleh
:
Yosua
Mickel Tumbelaka 55116120147
PROGRAM
STUDI PASCA SARJANA
MAGISTER
MANAJEMEN
FAKULTAS
EKONOMI DAN BISNIS
UNIVERSITAS
MERCU BUANA
2017
RISK MANAGEMENT
PT Metropolitan
Retailmart memiliki tingkat perubahaan lingkungan bisnis yang cukup tinggi
karena berada pada bisnis retail yang hampir dikuasai oleh produk garmen. Yang
dimana diperlukan inovasi untuk menghindari ketinggalan mode yang sedang naik
di pasar. Selain itu, dalam industri retail, PT Metropolitan Retailmart
memiliki banyak pesaing. maka PT Metropolitan Retailmart harus menganalisa
pesaing dan apa yang di lakukan pesaing. Maka ada beberapa hal yang dilakukan
PT Metropolitan Retailmart untuk menangani risiko risiko yang ada, antara lain:
Setiap bisnis harus
memiliki sebuah perencanaan manajemen risiko yang solid. Berikut merupakan
panduan dalam menyusunnya.
Format perencanaan
tersebut dapat bervariasi, tergantung kepada kebutuhan perusahaan anda. Sebuah
perencanaan manajemen risiko untuk perusahaan yang besar dan kompleks dapat
dijalankan dengan mudah dalam ratusan halaman, sedangkan sebuah bisnis kecil
mungkin hanya memerlukan sebuah spreadsheet kecil yang berfokus pada item
utama.
Langkah berikutnya
adalah menentukan apa yang harus dilakukan pada tiap risiko, sehingga kita
dapat menanganinya dengan baik. Dalam dunia manajemen risiko, ada empat strategi utama:
1.
Menghindarinya.
2.
Menguranginya.
3.
Memindahkannya.
4.
Menerimanya.
Melakukan pengukuran tidak cukup; anda juga perlu memeriksa
apakah hal tersebut bekerja, dan memonitor bisnis anda secara reguler untuk Manajemen
resiko adalah sebuah sistem pengawasan resiko. Dan perlindungan harta benda,
Hak milik dan keuntungan badan usaha dan perorangan atas kemungkinan timbulnya
kerugian karena adanya suatu resiko.
Suatu pendekatan terstruktur/metodologi dalam
mengelolaketidakpastian yang berkaitan dengan ancaman; suatu rangkaianaktivitas
manusia termasuk: Penilaian risiko, pengembangan strategiuntuk mengelolanya dan
mitigasi risiko dengan menggunakan pemberdayaan /pengelolaan sumberdaya
Istilah lain dari pengertian resiko adalah (risk) atau risiko
memiliki
berbagai definisi. Risiko dikaitkan dengan kemungkinan kejadian
atau keadaan yang dapat mengancam pencapaian tujuan dan sasaranorganisasi.
Fungsi manajemen resiko mencakup, menemukan kerugian potensial
dan mengevaluasi kerugian potensial. Menemukan kerugian potensial, yaitu
berupaya menemukan atau mengidentifikasi seluruh resiko murni yang dihadapi
oleh perusahaan, sedangkan mengevaluasi kerugian potensial, yaitu melakukan
penilaian terhadap semua kerugian potensial yang dihadapi oleh perusahaan.
Persaingan yang Meningkat Pesat
Perkembangan dunia bisnis, ekonomi dan teknologi telah membuat
berbagai perusahaan besar dunia mulai was-was terhadap kemunculan pesaing.
Misalnya saja perusahaan Sosro yang harus bersaing dengan produsen teh botolan
yang semakin banyak, atau KFC yang menghadapi persaingan dari berbagai waralaba
ayam goreng yang mulai bermunculan. Manajemen resiko untuk menghadapi
persaingan pun harus diterapkan secara berkelanjutan.
Sebagai contoh, Sosro mengembangkan varian teh botol dalam kotak,
teh celup dan teh dengan sedikit gula. KFC pun rajin melakukan inovasi produk
sekaligus mempertahankan rasa khas bumbu ayamnya untuk mempertahankan
keunikannya.
DAFTAR PUSTAKA
Anonym.2017.http://pengertianmanagement.blogspot.co.id/2012/1
1/management-resiko.html.
(20.45) 17 Mei 2017.
Anonym2.2017http://qom3t.blogspot.co.id/2010/04/fungsi-manaje
men-resiko.html
(20.35) 17 Mei 2017.
Anonym
3.http://rifan-fb.com/resiko-dan-metode-manajemen-resiko-pengusaha/
(20.40)
17 Mei 2017.
mengidentifikasi
dan menangani risiko baru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar